Holland, Michigan

Bertemu lagi di cerita jalan2 ^_^

 

Ini cerita lama yang hampiiir expired. Akhirnya muncul setelah diancem “kalo ga ditulis2, entar ga diajak jalan2 lagi lho”. Hiii, aku takut :D. Ngga tau kenapa kadang males. Paling berat pas mulai aja sih, padahal begitu nulis malah seneng.

Menjelang spring kemarin, kita mulai cari info, apa aja yang menarik di Ann Arbor dan sekitarnya. Akhirnya nemu kalo bakal ada Tulip Festival di Holland. Idih, jauh bener ke Belanda? Bukan kok, Holland ini nama kota di Michigan. Penduduknya memang berasal dari Belanda. Tahun 1847, sekelompok separatis aliran Calvinist, di bawah pimpinan Van Raalte, melarikan diri dari Belanda untuk kemudian menetap di “pantai” nya Lake Maccatawa.

Lucu ya, tepi danau kok disebut pantai. Tapi memang danau2 di Michigan ini gede banget. Kalo kita berdiri di pantai, ga keliatan ujung danaunya, udah kaya laut. Dan itulah sebabnya Michigan dikenal sebagai Great Lake state. (Ehem, gw udah pantes belum jadi michiganders? thanks to wiki :D)

Nenek moyang penduduk Holland ini tentunya membawa serta berbagai kebudayaan khas Belanda. Yang paling terkenal adalah bunga tulip. Tahun ini puncak mekarnya diperkirakan sekitar tanggal 4-11 May, sehingga ditetapkan menjadi waktu berlangsungnya Tulip Time Festival.

Tadinya kita janjian sama Ryan/Andi mau brangkat bareng, nginep semalem di sana. Tapi setelah kasak kusuk sana sini, ternyata teman2 northwood yang lain pada mau brangkat juga. Kebetulan ada undangan pengajian michigan juga di Grand Rapid. Akhirnya rame2 sak kelurahan Northwood darmawisata ke Holland. Seru! Ada 7 keluarga yang berangkat, dan yang 5 nginep bareng di sana.

Kita berangkat pagi2, maksudnya mau liat taman tulip dulu baru sorenya ke pengajian. Perjalanan sekitar 1.5 jam. Deket, baru abis Lays sebungkus udah nyampe aja :). Tujuan pertama adalah Veldheer Tulip Garden. Di sana ada sekitar 5 juta bunga yang ditanam. Selain itu, katanya ada bison juga, penasaran pingin liat.

Setelah sampai, kok parkiran udah penuh banget. Kayanya lagi ada gathering atau family day keluarga india. Jadi serasa di antara belanda dan  little india :D. Oya, tiket masuk harganya 10 dolar.

Di dalem bunga-bunganya belum semuanya mekar. Tapi udah cantiiikk. Ga nyangka tulip varian warnanya bisa 300 lebih. Malah ada yang kombinasi 2-3 warna sekaligus. Pas masuk, kita dikasih katalog bunga yang ada nomernya. Jadi kalo ada yang pingin kita beli, tinggal catet nomer dan langsung beli bulb (bibit) di toko suvenir.

Ini dia beberapa fotonya

Ke Holland, pake oranye dong ya

Ke Holand, paling pol pake oranye dong ya

Ke Holand, paling pol pake oranye dong ya

L1010695 (640x480)

L1010720 (640x480)

L1010724 (640x480)

Seperti ada thumbelina kecil2 ^^

L1010727 (640x480)

Ini namanya tulip nero, soalnya dark banget

L1010729 (640x413)

unyunyaaa 🙂

Dari Veldheer kita check in ke hotel dulu. Nginepnya di Days Inn, agak keluar kota, soalnya yang di Holland udah penuuhh. Eh mungkin masih ada kamar sih, tapi udah mahal banget (ketauan motif sebenarnya adalah mau ngirit :D). Kamarnya lumayan gede, ada kaya ruang duduknya segala.

Setelah itu kita siraman rohani dulu ke pengajian :). Alhamdulillah yang dateng rame. Makanannya pun banyak hehehe. Bahagia rasanya habis makan soto medan dan kue lupis. Anak2 juga seneng pada main trampolin di halaman belakang.

Malemnya rencana liat kembang api di tepi danau. Sayang kita dateng kemaleman dan udah susah banget cari parkir. Di brosur memang dikasihtau kalo acara mulai jam setengah 7. Tapi kita mikirnya paling kembang api baru dimulai setelah gelap. Jadi aja berangkat jam 9. Akhirnya liat dari dalem mobil sambil jalan pelan2 cari parkir. Pas dapet, turun bentar, eh abis kembang apinya >_<. Tapi lumayanlah dapet suasana rame2, sempet liat pasar malem juga.

Setelah istirahat semalam, paginya kita cuuss ke Windmill Garden. Di sini ada satu2nya kincir angin otentik yang langsung dibawa dari Belanda. Tempat ini bagus banget. Selain kincir angin, di beberapa lokasi ada situs buatan. Misalnya di tepi sungai ada perkampungan indian, lengkap dengan tenda2, perapian, dan orang2 indian. Mereka betul2 beraktivitas sesuai kehidupan sehari2. Ya masak, ya jualan.

Ada juga perang2an Inggris jaman dulu (duh kmrn ga terlalu merhatiin ya, sebenernya ini memotret periode sejarah yang mana). Tapi seru, meriamnya beneran ditembakin. Di sana sini ada anak2 lari2 cuma pake kemeja :). Oh terus ada ibu2 berbaju kuno memintal benang dari bulu domba. Lucuuu deh alat pintalnya.

Terus kita ikut tur naik ke Windmill. Bangunannya dari kayu, sekitar 5 lantai. Kita boleh naik sampai lantai 4. Diceritakan operasional pembuatan tepung dari gandum dengan menggunakan tenaga angin. Windmill ini betul2 masih beroperasi lho. Menarik sekali ngikutin prosesnya. Warning untuk yang takut tinggi dan ruangan sempit, makin ke atas ruangannya makin kecil. Gw juga agak kuatir, kuat ngga nih bangunan kayu abad 19. Apalagi kalo yang naik bohay2 :D. Tapi ga usah takutlah, pasti udah diitung kapasitasnya.

Satu lagi yang menarik, selain untuk produksi tepung, kincirnya windmill bisa dipake untuk kasih kode waktu perang. Misalnya kalo bilah pada mincir serong kanan semua, itu artinya ada pasukan datang. Itu contoh aja, gw lupa detailnya (inilah akibat terlalu lama menunda posting, lali kabeh)

Berikut ini syarat sahnya kami berkunjung ke Holland, alias foto2 depan kincir angin :D.

 ??????????????????????

??????????????????????

behind the scene

L1010823 (640x519)

L1010785 (640x480)

L1010784 (640x480)

L1010778 (640x480)

Dari Windmill Garden, kita pindah ke downtown untuk nonton Dutch Dance. Sampe sana masih kurang 1 jam sebelum dance dimulai. Kita cari makan dulu sambil lihat2 art fair yang diadakan sepanjang Tulip Time Festival. Kita cari penjual makanan yang paling rame trus ikut ngantri. Asumsinya rame = enak. Dan bener enak! Model2 sandwich dan kebab. Gw pesen chicken caesar salad dibungkus ala kebab. Yummy, ayamnya gurih, saladnya seger.

Menjelang acara dimulai, kita langsung cari duduk paling depan. Duduknya di pinggir trotoar aja, sambil minum lemonade. Tariannya dilakukan di jalanan yang ditutup. Ada 3 kelompok penari, masing2 kalo ga salah ada 10 orang. Mulai dari yang muda, sampe yang oma2  pun ada. Aaahh, aku senaaang deh lihat oma2 masih sehat dan semangat. Hebat, nari pake klompen tanpa kesandung. Tapi pas gerakan menendang, gw sebagai penonton udah siap2 nunduk aja, jangan2 klompen nya ada yang copot hahaha…

L1010868 (640x480)

L1010860 (640x515)

L1010849 (640x463)

L1010846 (640x449)

Setelah dance selesai kita pun pulang dengan gembira \(^_^)/

2 thoughts on “Holland, Michigan

Leave a comment